Representasi Tipe
Komputer hanya bisa memproses angka,
sehingga semua tipe data dalam komputer akan diproses dalam bentuk bilangan
integer. Bahkan kata-kata yang muncul dalam komputer juga diproses sebagai bilangan.
Untuk masing-masing tipe yang dibahas di sini, akan diberikan juga representasi
di dalam komputer untuk masing-masing tipe untuk mengetahui batasan dari setiap
tipe.
Pemahaman representasi tipe ini penting
untuk mengetahui mengapa suatu tipe terbatas, mengapa hasil suatu operasi
seperti yang dijelaskan. Sebenarnya representasi tipe ini menjadi bahasan dalam
kuliah atau pelajaran arsitektur komputer, namun karena tidak ada buku lain
yang digunakan yang memuat hal tersebut, pembahasan representasi akan digabung
dalam penjelasan tipe.
Perlu ditekankan bahwa pengetahuan
mengenai representasi tipe tidak terlalu penting dalam pemrograman, yang
penting adalah hanya mengetahui batasan dari setiap tipe yang ada, sehingga dapat
memilih tipe yang tepat ketika membuat program.
Konstanta
Konstanta adalah suatu nilai yang tidak
berubah. Contohnya pi (p), adalah konstanta yang digunakan sebagai
perbandingan keliling lingkaran terhadap diameternya, dan e adalah konstanta
bilangan euler. Dalam Pascal dan dalam semua bahasa prosedural lain
sebuah nama boleh diberi nilai yang tidak akan diubah di dalam program, nama
ini disebut sebagai konstanta. Kata kunci yang dipakai dalam Pascal adalah
const.
Const
PI = 3.14;
Penggunaan konstanta yang lebih lengkap
dapat dilihat dalam buku panduan FreePascal (buku 1).
Variabel bertipe Dasar
Variabel bertipe dasar adalah variabel
yang memiliki tipe yang sudah didefinisikan oleh suatu bahasa. Tipe dasar yang
sudah didefinisikan Pascal meliputi: Integer, String, Karakter, Boolean, dan Real.
Variabel bertipe dasar akan sangat banyak digunakan, dan merupakan elemen
pembentuk tipe bentukan, sehingga penguasaan tipe dasar ini sangat penting.